[The Indonesian for Palestinian |IfP]

[Masyarakat Indonesia Menentang Kolonialisme Israel]

Tentang Kami

Latar Belakang

Penjajahan sesungguhnya bukan hanya merupakan bentuk tindakan yang melawan norma dan hukum apapun tapi penjajahan juga bagian dari tindakan yang paling buruk dari manusia sebagai mahluk beradab. Namun setelah melihat nasib bangsa Palestina, ternyata ada yang lebih buruk dari penjajahan itu sendiri yaitu tindakan konspirasi membiarkan penindasan dan kekerasan terjadi di Palestina yang dilakukan oleh negara-negara maju seperti Amerika, Inggris dan sekutu-sekutunya.

Indonesia dibawah kendali Soeharto pernah mempraktekan tindakan serupa di Timor-Timur. Atas kenyataan tersebut, masyarakat Indonesia dan dunia mendesak untuk memberikan hak untuk menentukan nasib sendiri bagi rakyat Timor-Timur. Oleh karena itu sudah sepantasnya, masyarakat mendukung berbagai upaya untuk mengembalikan hak dan nasib rakyat Palestina dari pendudukan dan penjajahan Israel.

Persoalan pendudukan dan penjajahan Israel yang telah dimulai sejak awal 1900 menjadi semakin complicated dengan bertemunya kepentingan Israel dengan negara-negara barat yang mengakibatkan terciptanya dukungan keberlangsungan penjajahan, pendudukan dan penindasan Israel atas Palestina. Amerika bahkan memiliki AIPAC, lembaga yang melobi dan memastikan dukungan terhadap penjajahan Israel hingga hari ini.

Kampanye Internasional

Atas kenyataan ini masyarakat internasional juga telah menggalang sebuah kampanye untuk melawan penjajahan dan kejahatan kemanusian Israel atas Palestina. Masyarakat diberbagai kota di Amerika membentuk koalisi yang melawan hal tersebut seperti kelompok endtheoccupation, The Middle East Crisis Committee, electronicintifada, stopaipac, palestineremembered dan sebagainya. Masyarakat Inggris juga membentuk The Palestine Solidarity Campaign (PSC).

Mengapa Indonesia?

Menjelang 60 tahun peringatan the Nakba, 1948 yang merampas tanah air Palestinian, Indonesia merasa perlu mengikatkan dirinya dalam gerakan solidaritas secara tepat yang menggugah kesadaran, kebijakan dan aksi menghentikan segala bentuk penjajahan modern yang dilangsungkan dimanapun didunia termasuk di Palestina.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari komunitas internasional, LPHAM sebagai lembaga hak asasi di Indonesia merasa perlu bergabung dalam melawan penindasan dan kekerasan di Palestina dengan mencoba menggagas kampanye dan mengundang masyarakat Indonesia untuk ikut dalamperjuangan pemenuhan hak rakyat Palestina dan pengakhiran segala bentuk kekerasan dan kejahatan terhadap kemanusiaan secara konsisten dan kontinyu.

The IndonesianforPalestine (IfP)

Koalisi ini untuk pertama kali disebut sebagai Masyarakat Indonesia untuk Menentang Kolonialisme Israel (Indonesian Support to End Israeli Colonialism-IndonesianforPalestine) atau disingkat The Indonesian for Palestine (IfP) bekerja untuk mengkampanyekan keadilan untuk rakyat Palestina yang antara lain dengan cara:

  1. Melawan segala bentuk penjajahan dan penindasan Israel atas Palestina;
  2. Mendorong dilaksanakannya hak mendapatkan kembali tanah rakyat Palestina yang dirampas dan diduduki Israel
  3. Melakukan kampanye penarikan tentara Israel dari seluruh wilayah Palestina.
  4. Mendukung segala bentuk perjuangan rakyat Palestina untuk mendapatkan hak asasinya termasuk Hak penentuan nasib sendiri
  5. Melawan segala bentuk pendudukan dan agresi Israel pada negara-negara lain.
  6. Melawan segala bentuk diskriminasi dan serangan rasial, apartheid, tindak kekerasan terhadap sipil non combatan dikedua belah pihak.

Sifat Gerakan

  1. The IndonesianforPalestine (IfP) adalah bagian dari gerakan perdamaian yang mendorong keadilan dan perdamaian bagi seluruh masyarakat dunia khususnya di Palestina.
  2. Keadilan dan perdamaian yang ingin dicapai harus dilandaskan penghormatan terhadap hak asasi manusia yang didefinisikan dalam the Universal Declaration of Human Rights dan piagam HAM lainnya.
  3. IfP mendukung reparasi dan restitusi bagi masyarakat Palestina yang menderita karena agresi, sanksi sepihak internasional, pendudukan dan tindak kekerasan lain.
  4. IfP menolak segala bentuk kekerasan terhadap warga tak berdosa terutama yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina dan terhadap rakyat Israel tak bersenjata.
  5. IfP mengecam dan medesak masyarakat internasional untuk mengakhiri dan meminta pertanggungjawaban Israel yang melakukan politik rasial dan diskriminasi termasuk mendorong  sebuah sistem apartheid.
  6. IfP menolak memisahkan bangsa Palestina dan Israel untuk hidup berdampingan secara damai setelah keadilan yang komprehensif bagi rakyat Palestina dipulihkan.
  7. IfP mendukung persamaan hak antara rakyat Palestina, Israel, bangsa arab dan masyarakat dunia.
  8. IfP menolak segala bentukpraktek rasisme yang ditujukan pada rakat Palestina, Yahudi, bangsa arab dan suku bangsa lain didunia.
  9. IfP mengecam segala bentuk bantuan militer Amerika dan sekutunya terhadap Israel dan terhadap pemerintah manapun dengan tujuan perang dan kekerasan yang mengancam martabat manusia.
  10. IfP mendesak agar senjata-senjata Amerika tidak dijual di Israel, Timur Tengah dan negara-negara yang sedang terancam dalam situasi kekerasan.

LPHAM mengundang organisasi yang setuju dengan prinsip diatas untuk bergabung dalam The IndonesianforPalestine (IfP) dengan mengirim pernyataan kesedian ke email hjcprincen@yahoo.com

One Response

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Sekretariat

Jl. Kramat V No.2 Jakarta 10340 Telp. 62 21 3106085, Fax. 62 21 3923335 email:endthecolonialism@yahoo.com INDONESIA
Palestine Blogs - The Gazette

Translate

Agresraeli

Gaza Carnage Counter

kalender

July 2017
M T W T F S S
« Jun    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

People Killed in Iraq Today

Just Foreign Policy Iraqi Death Estimator

Hijriah

Supports

  • 2,716 hits

Our Guests

free counters
%d bloggers like this: